Alasan Kenapa Anda Tidak Kunjung Kaya

miskin Pada Januari 2016, salah satu perusahaan lotre mencapai rekor jackpot tertinggi yaitu sebesar 1,5 miliar dollar. Jika Anda membaca artikel ini sekarang, kemungkinan besar Anda bukanlah salah satu dari penerima hadiah dengan jumlah yang fantastis itu. Sayangnya, banyak orang memiliki mental lotre, yaitu mereka percaya bahwa satu-satunya untuk menjadi kaya adalah dengan memenangkan jumlah uang yang sangat besar dalam lotre.

Faktanya, semua orang di dunia ini mampu menjadi kaya. Menurut seorang miliarder, membangun kekayaan dan menjadi kaya tidak melulu bergantung pada keberuntungan dari undian—semuanya bergantung pada diri Anda sendiri dan pikiran Anda tentang uang. Bagi mereka, semuanya bukan tentang kenapa Anda tidak bisa menjadi kaya, namun tentang alasan-alasan kenapa Anda belum kaya sampai saat ini. Berikut adalah alasan yang dikatakan orang-orang kaya tentang kenapa Anda tidak berada di antara mereka:

  1. Anda pikir kekayaan adalah kesempatan yang diberikan kepada orang lain selain Anda.

Kita hidup dalam masyarakat kapitalis, yang berarti Anda memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain untuk menjadi kaya, selama Anda memiliki keinginan untuk mengeluarkan usaha untuk memberi nilai pada orang lain.

  1. Anda berpikir bahwa Anda tidak cukup pintar.

Kurangnya edukasi formal jarang sekali menahan seseorang yang sukses.  Penemu Microsoft, Facebook, IKEA, ALDI, Luxottica, dan Dell Computers hampir semuanya pernah didrop out dari kampusnya masing-masing atau bahkan tidak pernah menginjak bangku kuliah.

  1. Anda berpikir bahwa Anda tidak mampu menjadi kaya karena Anda tidak ambisius.

Orang kaya tidak lebih ambisius atau memiliki lebih banyak keinginan untuk menjadi kaya dari yang Anda lakukan. Mereka hanya menaruh lebih banyak kepercayaan pada diri mereka sendiri untuk membuat mimpi mereka menjadi kenyataan. Salah satu cara untuk menjadi kaya dengan sendirinya adalah dengan lebih percaya pada diri Anda.

  1. Anda berfokus untuk menyimpan uang daripada mendapatkan uang lebih banyak.

Jangan salah mengerti hal ini. Orang kaya menyimpan uang mereka juga, namun mereka tidak hanya meletakkannya di bank dengan bunga tabungan yang rendah. Mereka menyimpan uangnya secara bijak dengan jalan yang dapat membuat mereka mendapat lebih banyak uang dari hasil investasi.

  1. Anda berpikir bahwa satu-satunya jalan untuk mendapatkan uang lebih banyak adalah dengan bekerja lebih lama.

Tentu, jika Anda dibayar per jam, dan Anda kerja lembur, maka Anda akan mendapatkan tambahan uang pada waktu gajian Anda yang berikutnya. Itu jelas. Namun, itu bukanlah hal yang dapat Anda lakukan untuk meraih kekayaan. Orang kaya melihat cara untuk menemukan solusi dari masalah yang akan memberikan mereka pendapatan. Melakukan itu tidak berdasarkan pada berapa banyak jam yang Anda habiskan untuk bekerja.

  1. Anda takut gagal.

Banyak orang kaya yang telah gagal dalam melakukan sesuatu sebelum menjadi ‘besar’. Jangan pernah takut untuk membuat kesalahan. Perlakukan kegagalan Anda sebagai langkah pembelajaran dalam jalan menuju sukses. Kegagalan adalah guru dan bukan jalan buntu dari segalanya.

  1. Anda tidak bergaul dengan orang-orang yang tepat.

Kita semua menyayangi teman kita. Namun, jika teman Anda miskin dan memiliki mental orang miskin, jadi berteman dengan mereka tidak akan menolong Anda sama sekali. Orang kaya mengasosiasikan diri mereka dengan orang kaya lainnya bukan karena mereka menyebalkan atau sombong, namun karen mereka belajar dan bertumpu pada satu sama lain. Jika Anda ingin menjadi kaya, beradalah di sekitar orang kaya dan catat apa yang mereka katakan.

  1. Anda percaya bahwa hidup adalah perjuangan.

Orang-orang sudah sering diberitahu untuk berterima kasih atas dan merasa puas atas apa yang mereka punya. Itu betul, namun tidak berarti mereka harus menerima hidupnya begitu saja. Orang kaya selalu berusaha mencari sesuatu yang lebih, dan Anda juga harus begitu.

  1. Anda percaya kalau uang itu iblis yang jahat.

Uang tidaklah jahat. Uang adalah hal yang kita butuhkan untuk membeli kebutuhan dasar yang kita butuhkan untuk hidup. Namun, bagi orang kaya, uang lebih dari itu. Uang adalah alat positif yang dapat digunakan untuk mendapatkan lebih banyak uang, beri mereka kebebasan untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu kita haru mencari uang dengan cara cepat kaya raya menurut islam.

Untuk lebih banyak tips mengenai megubah mental Anda tentang uang dan mengerti kenapa Anda tidak kunjung kaya, kami merekomendasikan buku Steve Siebold yang berjudul How Rich People Think.

Comments are closed.